Maguru EduTech
Maguru EduTech
Dunia  

Australia Cabut Pengakuan Yerusalem Barat Sebagai Ibu Kota Israel

FIVENEWS-Australia Cabut Pengakuan Yerusalem Barat Sebagai Ibu Kota Israel
FIVENEWS-Australia Cabut Pengakuan Yerusalem Barat Sebagai Ibu Kota Israel

FIVENEWS – Pemerintah Australia mencabut pengakuan mereka terhadap Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel. Pencabutan status ini menunjukkan ketidaksetujuan Australia pada pengakuan yang diungkapkan saat pemerintahan mantan Perdana Menteri Scott Morrison.

Hari ini, Pemerintah telah menegaskan kembali posisi lama Australia bahwa Yerusalem adalah masalah status akhir yang harus diselesaikan, sebagai bagian dari negosiasi damai antara Israel dan rakyat Palestina,” kata Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong dalam pernyataannya, Selasa, 18 Oktober 2022.

banner 1080x336

“Ini membalikkan pengakuan Pemerintah Morrison atas Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel,” tegasnya.

Ia menambahkan, Kedutaan Besar Australia selalu dan tetap berada di Tel Aviv, bukan Yerusalem.

“Australia berkomitmen untuk solusi dua negara, di mana Israel dan Palestina memiliki masa depan dengan hidup berdampingan, dalam perdamaian dan keamanan, dalam perbatasan yang diakui secara internasional,” sambung Wong.

Wong menuturkan, pemerintahan PM Anthony Albanese berkomitmen kembali pada Australia yang dalam upaya internasionalnya mengejar kemajuan bertanggung jawab. Hal ini, kata dia, demi menuju solusi dua negara yang adil dan bertahan lama.

“Australia akan selalu menjadi teman setia Israel. Kami termasuk di antara negara-negara pertama yang secara resmi mengakui Israel di bawah Perdana Menteri Ben Chifley. Pemerintah ini tidak akan goyah dalam mendukung Israel dan komunitas Yahudi di Australia,” ujar dia.

Di sisi lain, katanya, Negeri Kanguru juga merupakan pendukung tak tergoyahkan Palestina. “Kami memberikan dukungan kemanusiaan setiap tahun sejak 1951 dan mengadvokasi untuk melanjutkan negosiasi perdamaian,” terangnya.

“Saya menyesal bahwa keputusan PM Morrison untuk bermain politik mengakibatkan pergeseran posisi Australia, dan penderitaan yang disebabkan oleh perubahan ini bagi banyak orang di komunitas Australia yang sangat peduli dengan masalah ini,” pungkas Wong.

banner 1080x336
banner 1080x336

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *