Maguru EduTech
Maguru EduTech

Cak Imin Dukung Vonis Mati Herry Wirawan: Cegah Predator Seksual di Pesantren

FIVE.TV - Cak Imin Dukung Vonis Mati Herry Wirawan: Cegah Predator Seksual di Pesantren
FIVE.TV - Cak Imin Dukung Vonis Mati Herry Wirawan: Cegah Predator Seksual di Pesantren

FIVE.TV – Ketum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, mengapresiasi vonis mati yang ditetapkan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Bandung kepada pemerkosa 13 santriwati, Herry Wirawan.

“Saya kira keputusan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Bandung perlu kita hormati bersama. Mungkin Majelis punya pertimbangan sendiri mengapa Herry layak dihukum mati,” kata pria yang akrab dipanggil Cak Imin dalam keterangan, Rabu (6/4).

banner 1080x336

Muhaimin menilai, hukuman mati akan menimbulkan efek jera bagi pelaku serta memberikan keadilan bagi para korban aksi bejat tersebut.
“Tujuan utamanya memberikan efek jera, tidak hanya untuk yang bersangkutan, tapi juga untuk orang lain yang ingin melakukan tindakan serupa,” sebutnya.

Wakil Ketua DPR tersebut juga berharap agar penetapan hukuman mati ini dapat mencegah hal serupa terjadi lagi, terutama di lingkungan institusi pendidikan seperti pesantren.

“Kita ambil hikmahnya. Yang jelas kekerasan seksual tidak dapat dibenarkan apa pun dalihnya. Kita semua berharap kasus kekerasan dan pelecehan seksual tidak terjadi lagi di mana pun, apalagi di pesantren,” tandas Muhaimin.

Sebelumnya, hakim menilai perbuatan Herry Wirawan telah terbukti sesuai dengan Pasal 81 ayat (1), ayat (3) Dan (5) jo Pasal 76.D UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak jo Pasal 65 ayat (1) KUHP sebagaimana dakwaan pertama.
Meski dihukum mati, putusan ini belum inkrah karena Herry masih bisa mengajukan kasasi di tingkat Mahkamah Agung.

banner 1080x336
banner 1080x336

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *