Maguru EduTech
Maguru EduTech
Dunia  

Polandia Resmi Ajukan Tuntutan Ganti Rugi Perang Dunia II Rp19 Ribu Triliun terhadap Jerman

FIVENEWS - Polandia Resmi Ajukan Tuntutan Ganti Rugi Perang Dunia II
FIVENEWS - Polandia Resmi Ajukan Tuntutan Ganti Rugi Perang Dunia II

FIVENEWS – Menteri luar negeri Polandia Zbigniew Rau pada Senin 3 Oktober 2022 menandatangani nota diplomatik yang menuntut ganti rugi Perang Dunia II dari Jerman. Langkah ini menandakan Polandia secara resmi menuntut kompensasi ke Jerman menjelang kunjungan diplomat top Berlin.

“Catatan diplomatik menyatakan bahwa para pihak harus mengambil tindakan segera untuk memastikan penyelesaian permanen, komprehensif, final, legal dan material dari konsekuensi agresi dan pendudukan Jerman pada 1939-1945,” kata Rau.

banner 1080x336

Juru bicara kementerian luar negeri Polandia Lukasz Jasina mengatakan kepada wartawan bahwa Rau akan mengangkat masalah ini dengan timpalannya dari Jerman, Annalena Baerbock, selama kunjungannya ke Warsawa pada hari ini.

Pada 1 September, peringatan ke-83 invasi Jerman ke Polandia, sebuah laporan parlemen diterbitkan tentang kerugian Polandia yang diderita akibat agresi dan pendudukan Jerman pada tahun 1939-1945.

Perhitungannya memperkirakan bahwa selama perang Polandia kehilangan total 6 triliun zloty Polandia atau Rp19 ribu triliun. Ini termasuk kerugian manusia – diperkirakan bahwa setiap orang yang meninggal selama perang harus diberi kompensasi dengan jumlah 800.000 zloty.

Berlin mengatakan subjek ditutup oleh deklarasi 1953, di mana Polandia menolak reparasi dari Jerman. Pada 200p4, emerintah Marek Belka menegaskan posisi ini.

Namun, pada 2019, Perdana Menteri Mateusz Morawiecki – yang masih menjabat – mengatakan deklarasi 1953 adalah “kesepakatan antara Polandia dan GDR (Jerman Timur),” yang tidak diakui oleh pihak berwenang saat ini.

“[Pemulihan] akan memungkinkan hubungan Polandia-Jerman didasarkan pada keadilan dan kebenaran dan akan mengarah pada penutupan bab menyakitkan di masa lalu dan memastikan pengembangan lebih lanjut hubungan bilateral dalam semangat bertetangga yang baik dan kerja sama yang bersahabat,” kata Rau di Warsawa.

Rau juga mengatakan catatan itu menuntut Berlin “memastikan kerja sama yang tepat dalam memperingati korban Perang Dunia II Polandia. Ia juga meminta otoritas Jerman menyajikan kepada masyarakat mereka sendiri gambaran sebenarnya dari perang dan konsekuensinya, terutama kerugian dan kerusakan yang ditimbulkan ke Polandia.”

Polandia menginginkan pengembalian aset dan kewajiban bank-bank milik negara Polandia yang dijarah oleh Jerman pada 1939-1945. Ini dengan mempertimbangkan kegiatan serikat kredit Reich, memastikan rehabilitasi penuh aktivis yang terbunuh dari minoritas Polandia sebelum perang di Reich Jerman, dan kompensasi atas kerugian yang ditimbulkan oleh organisasi diaspora Polandia di Jerman.

banner 1080x336
banner 1080x336

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *