Maguru EduTech
Maguru EduTech

Presiden RI : Ekonomi Kreatif Tulang Punggung Perekonomian di Masa Depan

FIVENEWS - Ekonomi Kreatif Tulang Punggung Perekonomian di Masa Depan
FIVENEWS - Ekonomi Kreatif Tulang Punggung Perekonomian di Masa Depan

FIVENEWS – Sektor ekonomi kreatif diyakini akan menjadi tulang punggung bagi pertumbuhan ekonomi nasional di masa mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ekonomi kreatif juga akan menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi global.

“Saya percaya ekonomi kreatif di Indonesia dan di banyak negara akan menjadi tulang punggung ekonomi di masa depan, semakin kuat dan diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar Jokowi saat membuka Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif Dunia 2022 di BICC, Bali, Kamis, 6 Oktober 2022.

banner 1080x336

Keyakinan itu didasari pada fakta yang menunjukkan bahwa bidang tersebut mampu bertahan, bahkan bertumbuh signifikan saat industri-industri lain ambruk karena pandemi covid-19. Ekonomi kreatif memang berkembang dengan cara yang sangat berbeda.

Jokowi menyebut sektor itu mampu dengan mudah melampaui batas-batas negara. Sebagai contoh, teknologi digital memudahkan masyarakat untuk berbagi suara, gambar dan video lintas negara. Saat dunia membatasi mobilitas fisik manusia akibat pandemi, mobilitas karya-karya ekonomi kreatif tetap lalu lalang bergerak tanpa hambatan.

“Itu yang membuat ekonomi kreatif relatif mampu bertahan di era pandemi dibandingkan dengan sektor-sektor lain. Beberapa subsektor ekonomi kreatif seperti aplikasi dan pengembang permainan, televisi dan radio bahkan tumbuh signifikan dipicu konsumsi konten yang meningkat signifikan selama masa tersebut,” terang Jokowi.

Kepala Negara berharap melalui konferensi dunia yang saat ini diselenggarakan, seluruh pihak bisa memperkuat kolaborasi guna mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif. Industri tersebut harus semakin futuristik, tumbuh lebih cepat, lebih besar dan lebih maju.

“Industri kreatif tidak lagi menjadi produk lokal yang dikonsumsi masyarakat di suatu negara saja, tetapi produk global yang mudah dinikmati masyarakat lintas negara,” tutur dia.

banner 1080x336
banner 1080x336

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *