Maguru EduTech
Maguru EduTech
News  

Pulau Pasir Ternyata Tak Pernah Jadi Milik Indonesia

FIVENEWS - Pulau Ashmore Reef

FIVENEWS – Klaim atas Pulau Pasir antara Australia dengan Indonesia tengah jadi perbincangan. Kelompok masyarakat adat di Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebut bahwa Pulau Pasir atau yang juga dikenal dengan Ashmore and Cartier Island merupakan milik Indonesia, bukan Australia.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dosen Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada (UGM), I Made Andi Arsana, mengatakan bahwa Pulau Pasir sebenarnya tidak pernah menjadi milik Indonesia. Pria yang akrab disapa “Bli Andi” tersebut menjelaskan bahwa Pulau Pasir atau Ashmore and Cartier Island merupakan milik Australia.

banner 1080x336

“Ada berita Australia mengeklaim Pulau Pasir, kita heboh. Banyak yang tidak tahu Pulau Pasir memang milik Australia dan tidak pernah jadi milik Indonesia,” ungkap Andi, seperti dikutip dari laman Twitter pribadinya @madeandi.

Andi mengatakan berdasarkan prinsip yang diakui dunia bernama Uti Possidetis Juris, membuat Pulau Pasir tak pernah jadi milik Indonesia.

“Dalam hal kedaulatan ada prinsip yang diakui dunia Uti Possidetis Juris yang artinya wilayah suatu negara mengikuti penjajahnya. Pulau Pasir tidak dijajah Belanda, tapi Inggris itu alasannya,” tulis Andi.

Meski pada tahun 1700-an nelayan dari Timor dan Rote sudah datang ke Pulau Pasir, mereka tidak mengeklaim secara resmi.

“Indonesia juga belum berdiri sebagai sebuah negara ketika itu. Kemudian pada tahun 1811, Kapten Ashmore datang dari Inggris dan menamai pulau tersebut dengan Pulau Ashmore,” lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (RI), Abdul Kadir Jailani, juga menjelaskan Pulau Pasir merupakan pulau yang dimiliki Australia berdasarkan warisan dari Inggris.

“Pulau tersebut dimiliki oleh Inggris berdasarkan Ashmore and Cartier Acceptance Act, 1933, dan dimasukkan ke dalam wilayah administrasi Negara Bagian Australia Barat pada tahun 1942,” tulis @akjailani.

banner 1080x336
banner 1080x336

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *