Maguru EduTech
Maguru EduTech
News  

Sirup Paracetamol, Ibuprofen Merusak Ginjal, Ini Penjelasan Profesor Farmasi UGM

FIVENEWS - Sirup Paracetamol, Ibuprofen Merusak Ginjal, Ini Penjelasan Profesor Farmasi UGM
FIVENEWS - Sirup Paracetamol, Ibuprofen Merusak Ginjal, Ini Penjelasan Profesor Farmasi UGM

FIVENEWS – Merebaknya kasus gangguan atau bahkan gagal ginjal akut misterius pada anak belakangan ini berdampak obat populer jenis sirup paracetamol, atau parasetamol, dan ibuprofen ikut ramai diperbincangkan. Ini karena keduanya diproduksi dalam bentuk sirop dan kadar terlalu tinggi senyawa kimia yang diduga berada di balik kasus-kasus tersebut biasa digunakan sebagai pelarut dalam sirup obat.

Guru Besar di Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM), Zullies Ikawati, menjelaskan bahwa ibuprofen termasuk golongan non steroid. Cara kerjanya mirip parasetamol, hanya ibuprofen bersifat antiradang dan parasetamol tidak. “Kalau parasetamol itu kan tidak bersifat antiradang atau sangat sedikit ke arah antiradang,” katanya, Kamis 20 Oktober 2022.

banner 1080x336

Ibuprofen, selain dapat mengurangi rasa sakit dan menurunkan panas, juga memiliki kandungan antiradang. Ini yang menurut Zullies menyebabkan ibuprofen memiliki efek yang dapat mengganggu kesehatan ginjal dibanding penggunaan parasetamol. “Tapi itu juga kalau terdapat pada dosis yang besar,” kata Zullies.

Zullies menegaskan bahwa letak permasalahan dalam kasus gagal ginjal akut misterius pada anak saat ini bukan pada kandungan parasetamol atau ibuprofen, namun pada pelarut dalam sirop obat. Sehingga masyarakat diminta untuk menghindari segala sirop obat sementara waktu, termasuk ibuprofen yang dalam bentuk sirop.

Sementara penyelidikan terus berjalan oleh Kementerian Kesehatan dan BPOM, Zullies menyarankan masyarakat untuk selalu berkonsultasi kepada dokter atau tenaga kesehatan sebelum memberikan obat, khususnya kepada anak.

banner 1080x336
banner 1080x336

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *